08 Dec 2022, 09:30

Mengenal Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah layanan telepon yang berbasis koneksi internet. Setiap provider layanan VoIP umumnya mengarahkan percakapan telepon lewat jaringan internet. 

Jadi alih-alih mentransmisikan percakapan suara melalui jaringan telepon konvensional, layanan VoIP melakukannya secara digital yakni melalui jaringan yang terhubung dengan internet. 

Ada keyakinan yang menyebut bahwa layanan VoIP merupakan solusi yang cocok digunakan perusahaan kecil dengan jumlah karyawan tidak lebih dari 50 orang. 

Ketimbang memasang jaringan telepon konvensional yang membutuhkan pemasangan, pemeliharaan, dan pertolongan teknisi untuk memasang peralatan telepon, perusahaan kecil yang memasang layanan VoIP berbasis cloud tidak perlu membeli peralatan sama yang digunakan jaringan telepon konvensional, dan seterus mereka juga tidak perlu menyewa orang untuk memasang jaringan telepon. 

Mengutip Business News Daily (Senin, 28/11/2022), sistem Cloud VoIP tidak memerlukan aktivasi perangkat keras maupun lunak. Sederhananya, sebuah perusahaan yang tertarik memasang Cloud VoIP hanya membutuhkan koneksi broadband untuk mengaktifkan layanan tersebut. 

Fungsi Firewall pada Jaringan VoIP

Meski terbilang efisien dari segi biaya pemasangan, sistem (Cloud) VoIP bukannya tanpa masalah. Salah satu kelemahannya adalah jaringan VoIP rawan diserang pihak-pihak luar yang tidak punya hak untuk memasuki jaringan broadband dan mencuri data-data bisnis. 

Di titik inilah sistem VoIP membutuhkan firewall untuk melindungi jaringan VoIP agar tetap aman sepanjang waktu. Namun apakah fungsi firewall pada jaringan VoIP hanya terbatas pada hal di atas? 

Berikut beberapa pertimbangan lain tentang fungsi dan penggunaan firewall untuk mengamankan jaringan VoIP:

  1. Menunjukkan kehandalan bisnis

Bisnis yang menjalankan atau menggunakan sistem VoIP hendaknya menunjukkan bahwa sistem layanan yang dibangun relatif lebih aman. 

Nah, penggunaan firewall dimaksudkan untuk menunjukkan hal tersebut. Artinya firewall bisa meningkatkan kepercayaan diri konsumen ketika menggunakan layanan VoIP yang Anda berikan. 

Apalagi kalau Anda menggunakan firewall yang handal untuk bisnis kelas menengah seperti ET Firewall, calon konsumen bakal merasa yakin dan aman ketika ingin berbagai informasi dengan bisnis Anda. 

  1. Mengurangi downtime

Salah satu fungsi penting firewall pada jaringan VoIP ada pada kemampuannya mendeteksi aktivitas mencurigakan di jaringan, karena itu perangkat satu ini jadi penting artinya. 

Ketika aktivitas mencurigakan terdeteksi, sistem firewall secara otomatis akan memberikan peringatan dan melindungi jaringan VoIP. 

Dengan metode semacam itu, Anda bisa mengurangi kemungkinan downtime, serangan siber, maupun terhentinya layanan VoIP karena serangan.  

  1. Membangun koneksi yang lebih aman

Dengan memakai firewall, Anda memiliki kuasa untuk mengecek kelemahan jaringan dan kemudian memakai informasi tersebut untuk melindungi bisnis Anda dari ancaman siber. 

Dalam kondisi tertentu, perangkat firewall modern juga sanggup mengeblok akses yang tidak mencurigakan. Dengan demikian Anda bisa memastikan koneksi yang berjalan dari dan ke sistem VoIP selalu aman. 

Masih Ragu Pasang Firewall?

Meski instalasi sistem VoIP tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya besar seperti halnya memasang jaringan telepon kabel, proses pemasangan firewall membutuhkan pengetahuan teknis yang memadai. 

Walau begitu perangkat firewall pada dasarnya jadi solusi teknologi yang sanggup menjaga aspek fungsional dari bisnis Anda yang mengandalkan koneksi broadband untuk melayani pelanggan. 

Baca JugaKetika Jaringan Internet Terasa Rentan, Saat Itulah ET Firewall Dibutuhkan

Dengan demikian, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memasang firewall untuk melindungi lingkungan VoIP agar tidak disusupi pihak-pihak jahat yang berusaha membobol jaringan Anda. 

Sumber: 

Dapatkan Konsultasi Gratis

Diskusikan sekarang juga kebutuhan IT perusahaan anda dengan customer support kami di
+62 822 9998 8870