05 Dec 2022, 09:55

Memahami Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Software akuntansi pada dasarnya dirancang untuk memudahkan pebisnis dalam mengelola setiap aspek dalam perusahaan yang berhubungan dengan pencatatan keuangan, transaksi, laba dan rugi, dan lain sebagainya. Karena itulah keberadaannya tidak bisa disepelekan. 

Lantas apa sebenarnya pengertian software akuntansi? Walaupun software akuntansi sudah berkembang sedemikian rupa dan fungsinya mencakup banyak hal di luar pencatatan laporan keuangan, ia tetap jadi sebuah solusi teknologi yang bisa menopang pertumbuhan sebuah perusahaan. 

Software akuntansi adalah piranti lunak yang kerap digunakan untuk mengelola dan mencatat transaksi keuangan sehari-hari suatu perusahaan, termasuk di dalamnya mencatat manajemen aset tetap, manajemen biaya, manajemen pendapatan, piutang, hutang, akuntansi subledger, dan pelaporan dan analitik.

Apakah Keuntungan Menggunakan Software Akuntansi pada Perusahaan Dagang

Bagi perusahaan dagang, entah itu skala besar maupun menengah, peran software akuntansi sangat penting dalam membantu perusahaan menjalankan proses bisnis sehari-hari, sekaligus membantu memantau kesehatan keuangan perusahaan.

Berikut keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dagang yang memanfaatkan software akuntansi:

  1. Mencatat piutang dan hutang usaha

Sebagian besar perangkat lunak akuntansi dibekali fitur untuk mencatat hutang dan piutang usaha, yang berarti perusahaan Anda akan memiliki kemampuan mengorganisir pengeluaran dan pendapatan secara menyeluruh, termasuk hutang dan piutang. 

  1. Ledger dan sub ledger   

Software akuntansi modern, baik yang menggunakan sistem cloud maupun tidak, memungkinkan pengelola keuangan perusahaan untuk mengisi buku besar (ledger) maupun subledger secara otomatis. 

Keuntungan semacam itu tentu membantu pebisnis memperoleh informasi real-time yang berkaitan dengan data-data penting keuangan perusahaan. 

  1. Manajemen aset dan kas

Dalam soal manajemen aset, piranti lunak akuntansi membantu perusahaan mendata dan mengelola aset perusahaan, termasuk akuisisi aset, depresiasi aset, maupun kapitalisasi aset. 

Dan tidak berhenti sampai situ, software akuntansi juga membantu perusahaan mengelola manajemen kas seakurat mungkin, termasuk mengelola transaksi kas secara otomatis berdasarkan hutang, piutang, pengeluaran gaji karyawan, investasi, maupun pinjaman. 

  1. Manajemen koleksi

Fungsi satu ini terkait dengan kemampuan mengelola tagihan kepada pelanggan. Ketika menggunakan software akuntansi, perusahaan Anda akan lebih mudah melakukan manajemen penagihan, termasuk mencatat tagihan yang belum dibayar maupun yang sudah dibayarkan pelanggan. 

  1. Fungsi pelaporan dan analisis

Keberadaan software akuntansi yang lengkap tidak hanya berguna dalam hal pencatatan transaksi keuangan, tapi juga membantu dalam hal pelaporan dan analisis. 

Banyak matriks yang bisa dihitung menggunakan piranti lunak akuntansi, seperti rasio hutang terhadap ekuitas, modal kerja bersih, daftar inventaris, dan lain sebagainya. 

Matriks tersebut juga bisa ditelusuri lewat fitur analitik yang memberikan kebebasan bagi perusahaan untuk memahami sejauh mana kesehatan keuangan perusahaan. 

Apakah bisnis Anda Butuh Software Akuntansi?

Berdasarkan lima keuntungan yang disebut di atas, keberadaan software akuntansi tentu sangat krusial bagi bisnis yang bergerak di bidang apapun. 

Namun jauh dari sekadar software pencatat keuangan perusahaan, piranti lunak semacam itu menjadi satu sumber kebenaran data yang sah dan aman. 

Keberadaannya membantu sebuah perusahaan dalam mencegah penipuan keuangan yang bisa saja terjadi ketika hanya mengandalkan cara-cara manual dalam mencatat pendapatan dan pengeluaran bisnis sebuah perusahaan.

Thrive menyediakan dua jenis software akuntansi yang masing-masing diperuntukan bagi bisnis menengah dan enterprise, yakni KELOOLA dan Orlansoft ERP. 

Kalau KELOOLA adalah software akuntansi sederhana yang ditujukan untuk UMKM, Orlansoft ERP merupakan software akuntansi enterprise yang ditujukan untuk perusahaan besar yang membutuhkan solusi teknologi untuk mengelola keuangan dari hulu ke hilir, termasuk manajemen dan pengawasan gudang serta pengelolaan dan pengiriman barang ke pelanggan. 

Baca Juga: Thrive menjadi mitra resmi Orlansoft, sistem ERP terpercaya lebih dari 30 tahun di Indonesia

Kedua solusi software akuntansi tersebut merupakan wujud nyata Thrive untuk mendukung bisnis Indonesia berkembang melalui solusi teknologi yang tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.   


 

Dapatkan Konsultasi Gratis

Diskusikan sekarang juga kebutuhan IT perusahaan anda dengan customer support kami di
+62 822 9998 8870