24 Nov 2022, 09:50

Panduan Lengkap Memahami Apa itu Pembelajaran Online Berbasis Moodle

Moodle adalah aplikasi, atau lebih tepatnya disebut sistem operasi yang dibangun di atas basis open source. Aplikasi satu ini digolongkan ke dalam jenis LMS (Learning Management System) yang pada hakikatnya bisa digunakan untuk membangun sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan bisa digunakan sesuai kebutuhan pengajar. 

Secara umum Moodle mungkin boleh dianggap sebagai platform manajemen pendidikan yang paling populer di kelasnya, dan saat ini sudah digunakan seluas-luasnya secara global. Dirilis pertama kali pada 2022, Moodle biasanya digunakan untuk memberikan pelatihan kepada siswa maupun karyawan dengan cara seefektif dan seefisien mungkin. 
Meski mungkin penggunanya lebih banyak dari kalangan pengajar, Moodle bukan cuma cocok digunakan praktisi pendidikan, guru, dosen, dan seterusnya. Sistem Moodle juga memiliki fitur pelatihan yang cocok digunakan di dalam lingkup perusahaan, misalnya untuk memberikan pelatihan bagi karyawan. 

Apa itu LMS Moodle?

Dikategorikan sebagai aplikasi Learning Management System, Moodle dihadirkan sebagai aplikasi khusus yang mendukung pembuatan dan manajemen kursus yang berfungsi untuk menyebarluaskan pengetahuan dan informasi, sekaligus digunakan oleh pengajar untuk berinteraksi dengan siswa.

Moodle memang bukan satu-satunya aplikasi Learning Management System yang digunakan untuk mendukung metode pembelajaran daring. Ada banyak sekali opsi daring yang berfungsi untuk membantu siswa menempuh proses belajar mengajar secara online dan mendapat gelar tertentu. 

Penggunaan Moodle untuk e-Learning

Dalam lingkungan pembelajaran online, terdapat sejumlah fitur yang ditawarkan Moodle untuk membuat sistem belajar berbasis daring. 
Anda (sebagai guru/trainer/dosen) bisa memakai Moodle untuk merancang dan mengunggah content belajar dan data pelengkap seperti gambar, video, dan lain sebagainya; mengirimkan materi kepada siswa atau peserta, memberikan tugas kepada siswa Anda, melacak kemajuan siswa, dan memberikan penghargaan atas pencapaian mereka. 

Tentu saja fungsi Moodle tidak cuma sampai di hal-hal yang disebut di atas. Namun secara faktual Moodle menyediakan fitur lengkap untuk mengirimkan materi belajar ke siswa dengan metode sesederhana mungkin. 

Kelebihan Moodle

Sampai artikel ini ditulis, Moodle sudah digunakan di lebih dari 244 negara. Lebih jauh lagi, ada 171 ribu situs, 43 juta kursus, 344 juta, 1,94 juta pendaftaran, yang memanfaatkan aplikasi tersebut. Di Indonesia sendiri, kurang lebih ada 6,029 situs yang menggunakan Moodle. 

Popularitas Moodle seperti disebut di atas menunjukkan bahwa aplikasi tersebut merupakan tool yang sangat besar manfaatnya untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar secara online, serta memberikan beberapa kelebihan utama, diantaranya:

  • Mudah Diakses dan Digunakan

Agaknya kelebihan aplikasi Moodle yang harus digaris-bawahi adalah betapa mudahnya aplikasi ini ketika digunakan, terutama bila kita melihatnya dari sisi administratif. 

Berbagai pilihan fitur Moodle menjadikannya gampang dioperasikan. Administrator, misalnya, bisa menggunakan fitur drag-and-drop untuk mengatur pembuatan mata kuliah, hingga mengawasi perkembangan belajar pengguna. Kelebihan satu ini menjadikan Moodle lebih efisien dan lebih efektif digunakan ketimbang software lain yang sejenis. 

  • Bisa Diintegrasikan dengan Software Lain

Ketika diaktifkan, Moodle bisa diintegrasikan dengan aplikasi atau platform lain. Sebagai contoh, Anda bisa mengintegrasikannya dengan Zoom atau Microsoft Team agar bisa merancang sesi kursus yang menggunakan sistem conferencing. 

  • Sifatnya kolaboratif

Pembelajaran kolaboratif bisa jadi sebuah metode untuk meningkatkan keterlibatan siswa, serta memicu siswa atau peserta pembelajaran untuk sukses secara akademis. 

Di titik ini Moodle memiliki fitur forum, Wiki, fungsionalitas chat dan grup untuk keperluan komunikasi. Kehadiran sejumlah fitur tersebut membantu peserta untuk berbagi pendapat, ide dan pemikiran dengan peserta lain, serta bekerja bersama-sama dalam sebuah proyek belajar. 

  • Fleksibel, Bisa Digunakan di Semua Perangkat

Satu lagi kelebihan Moodle terletak di fleksibilitasnya, dalam arti seluruh materi pembelajaran bisa diakses kapanpun dan dimanapun siswa berada. 

Aplikasi Moodle juga bisa diakses di perangkat apapun, dan responsif. Artinya Anda bisa mendapat pengalaman yang sama ketika mengakses Moodle, baik di perangkat desktop maupun mobile. 

  • Beragam Plugin untuk Memperluas Fungsi Moodle

Fungsi Moodle bisa diperluas menggunakan plugin khusus yang tersedia untuk mendukung penciptaan platform pembelajaran yang lebih kaya dan lebih interaktif.

Membangun Pembelajaran Efektif dengan Moodle

Popularitas dan penggunaan Moodle yang sangat luas menjadi kekuatan tersendiri, karena itu kami berharap pengenalan singkat tentang Moodle di artikel ini bisa memberikan gambaran umum tentang Moodle. 

 

Thrive siap membantu Anda membangun sistem pembelajaran online berbasis Moodle. Silakan unduh brosur di tautan berikut ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang layanan pengembangan Moodle yang diberikan Thrive. 
 

Dapatkan Konsultasi Gratis

Diskusikan sekarang juga kebutuhan IT perusahaan anda dengan customer support kami di
+62 822 9998 8870