09 Nov 2022, 02:38

Mengenal Konsep dan Kelebihan Robotik

Konsep robotik sebetulnya bukan istilah yang asing dalam dunia industri, apapun bentuk dan jenisnya. Secara harfiah, robotik adalah cabang ilmu teknik mesin yang melibatkan operasi, produksi, desain, manufaktur dan konsep robot. 

Di kehidupan sehari-hari kita, robot bukanlah benda yang asing. Ia bisa hadir dalam wujud menyerupai manusia maupun dalam bentuk Robotics Process Automation (RPA) yang mensimulasikan perilaku manusia ketika mengerjakan tugas tertentu berulang-ulang. 

Anda mungkin pernah menonton video sebuah pabrik atau laboratorium yang mengoperasikan robotics arm untuk merakit benda tertentu? Nah, itu juga salah satu contoh aplikasi konsep robotik. 

Kelebihan penggunaan robot untuk industri

Sekian contoh penggunaan robot di berbagai bidang kehidupan menunjukkan betapa dekatnya konsep robotik dengan kehidupan manusia. 

Dan hari ini Anda pun bisa melihat fakta bahwa robot sudah digunakan di berbagai bidang industri. Ambil contoh perusahaan raksasa Amazon, misalnya, pada publikasi yang diterbitkan di situs aboutamazon.com pada 22 Juni 2022 menyebut sejulah 520,000 unit penggerak robotik (robotic drive units) yang dipakai di semua fasilitas bisnis Amazon di secara global. 

Satu fakta tersebut memperlihatkan betapa luasnya penggunaan robot industrial di berbagai jenis industri. Lebih jauh lagi, penggunaan robot meluas di berbagai bidang industri, mulai dari perakitan otomotif sampai pemrosesan bahan plastik. 

Teknologi robot dipakai berbagai lini industri karena dinilai mampu menangani pekerjaan yang berulang, terutama yang agak berbahaya atau sulit dikerjakan manusia. 

Dari sisi ini, ada 2 kelebihan yang didapatkan dari penggunaan teknologi robot:

  1. Produktivitas maksimal

Robot yang digunakan di bidang industri bisa saja dioperasikan 24 jam dalam seminggu, bila dibutuhkan. Mereka tidak perlu memerlukan pergantian shift

  1. Konsistensi dan kualitas terjaga

Bila digunakan bersama dengan teknologi lain, seperti robot pencetakan 3D atau Industrial Internet of Things (IIoT) memberikan kualitas produksi yang lebih baik serta proses yang lebih tepat dan handal. 

Bagaimana Thrive Membantu Industri dengan Solusi Robotics Automation

Baru-baru ini Thrive menandatangani kerjasama dengan MintRobot (Korea Selatan) untuk mendistribusikan perangkat Robot Arms di Indonesia. 

CEO Thrive, Eddy Yansen, menjelaskan kemitraan dengan Mintrobot menjadi awal yang baik dan memberikan manfaat serta peluang yang lebih besar bagi masyarakat, terutama pada pemilik usaha dalam berbagai bidang. Dengan tujuan yang jelas yaitu untuk mempermudah dan memodernisasi lingkungan teknologi serta mempercepat akselerasi pertumbuhan bisnis mereka. 

Lebih jauh tentang teknologi robotics automation bisa disimak di tautan berikut ini

Get Free Consultation

Discuss your IT requirements with our customer support at
+62 822 9998 8870