04 Nov 2022, 10:30

Firewall dan Peran Pentingnya Bagi Keamanan Cyber

Di zaman ini kita melihat betapa sebagian besar orang menggantungkan diri pada transaksi pembayaran secara daring (online), dan semakin banyak pula konsumen yang menggantungkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari lewat e-commerce

Dan kesamaan di antara keduanya adalah: baik transaksi pembayaran online maupun pemenuhan kebutuhan sehari-hari lewat e-commerce sangat tergantung pada internet. 

Lalu sedetik kemudian kita juga menyadari, bahwa internet merupakan semesta yang rentan terhadap ancaman. 

Dari sisi konsumen, selalu ada kemungkinan peretasan terhadap data-data pembayaran (nomor kartu kredit, misalnya) ketika mereka digunakan untuk melakukan transaksi online

Dari sisi bisnis juga sama. Apapun jenis sistem yang dibangun untuk melayani konsumen, selama internet diandalkan sebagai ujung tombaknya, selalu ada kemungkinan sistem tersebut mengalami peretasan. 

Beberapa dari Anda mungkin masih ingat kasus peretasan data yang dialami mesin pencari Yahoo pada 2013. Waktu itu 3 miliar data pengguna (terdiri dari nama asli pengguna, alamat surel, tanggal lahir, nomor telepon dan pertanyaan keamanan) dicuri dan menyebabkan hilangnya valuasi perusahaan sebesar US$350 juta. 

Orang tentu bisa bercermin dari kasus yang dialami Yahoo, bahwa setiap pebisnis (atau individu sekali pun) yang mengekspos sistem mereka di internet harus melindungi sumber daya dan informasi dengan menerapkan teknik yang tepat untuk menghadapi ancaman keamanan cyber

Dan dari sekian banyak teknik yang bisa diterapkan, penggunaan firewall merupakan satu cara yang lazim dipakai. 

Bagaimana Firewall Membantu Melindungi Bisnis dari Serangan Cyber?

Anda bisa menganggap firewall sebagai tembok pelindung yang melindungi aset digital Anda dan jaringan internet di mana aset tersebut dikelola. 

Peran firewall sebagai bagian penting dari keamanan cyber bisa diilustrasikan lewat kemampuannya dalam mengawasi lalu lintas yang tidak diinginkan, yang berusaha mengakses sistem operasi bisnis Anda. Sederhananya, perangkat firewall akan langsung memasang penghalang begitu ia mendeteksi upaya jahat yang berusaha mengganggu sistem. 

Dengan kata lain, firewall menawarkan perlindungan proaktif, yang memungkinkan konsumen Anda memakai layanan bisnis dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Bagi pemilik bisnis, firewall berguna untuk menyaring berbagai potensi ancaman di jaringan.

Lalu kita melihat bahwa ada dua jenis firewall, yakni yang berbasis hardware dan yang berbasis software

Sementara software firewall berbentuk program komputer yang terpasang di perangkat tertentu, serta bekerja dengan cara mengawasi dan mengatur lalu lintas jaringan yang melewati sejumlah aplikasi dan portshardware firewall adalah perangkat keras yang berdiri di antara gateway dan jaringan milik klien. 

Dengan kemampuan melindungi jaringan dari serangan cyberfirewall jadi perangkat yang berharga untuk mendeteksi aktivitas di seluruh jaringan, sekaligus mendukung upaya peningkatan keamanan cyber dengan mengelola kebijakan khusus yang memblokir atau mengizinkan lalu lintas yang seliweran di jaringan. 

Dalam banyak hal, upaya peningkatan keamanan cyber yang diberikan firewall juga mencakup pemblokiran terhadap pengguna tidak sah yang mencoba mengakses jaringan dengan tujuan untuk merusaknya.

Firewall hanya cocok untuk perusahaan besar?

Sampai di sini mungkin Anda menganggap perangkat firewall dan software-nya semata sebagai solusi yang hanya cocok untuk perusahaan besar. Padahal tidak.

Perusahaan kecil hingga menengah, yang membangun sistem operasi yang mengandalkan internet untuk melayani konsumen, juga merupakan jenis bisnis yang membutuhkan bantuan firewall untuk menangani aspek keamanan cyber

Sebab yang namanya kejahatan cyber bisa terjadi kepada siapa saja, tidak peduli apakah Anda pemilik bisnis kecil, menengah, atau perusahaan kelas dunia sekalipun. 

Pendek kata, ketika penjahat dunia maya menemukan cara baru untuk menembus jaringan, bisnis dari berbagai skala membutuhkan solusi keamanan jaringan yang kuat untuk mengamankan jaringan.

Apakah Anda pemilik bisnis kecil hingga menengah yang membutuhkan firewall? Anda bisa mempelajari produk ET Firewall dari Thrive yang menyediakan solusi perlindungan terhadap keamanan cyber dengan harga yang kompetitif dan solusi perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Anda bisa mempelajari ET Firewall lebih lanjut di halaman berikut ini

Dapatkan Konsultasi Gratis

Diskusikan sekarang juga kebutuhan IT perusahaan anda dengan customer support kami di
+62 822 9998 8870