26 Sep 2022, 10:56

Amankan Aset Digital dengan Yubikey

Setiap hari selalu ada ancaman yang mengintai pemilik aset digital, mulai dari peretas yang berusaha mencuri password dan akun media sosial Anda, sampai serangan phising yang membobol akun mobile banking. 

Mengamankan aset digital, mulai dari password dan akun sampai wallet yang terpasang di smartphone atau laptop memang tidak selalu mudah. Namun bukan berarti tidak ada solusi yang canggih. 

Di situlah pentingnya kehadiran Yubikey, terutama untuk orang yang ingin mengamankan akun, kata sandi maupun aplikasi seluler dari peretas. 

Cara Mudah Mengamankan Aset Digital

Yubikey 5 NFC merupakan produk security key berbasis perangkat keras yang diproduksi Yubico. Ketika diaktifkan, perangkat keras ini membantu mengamankan akun, menghentikan percobaan pengambilalihan akun, sekaligus menyederhanakan metode pengamanan akun. 

Di zaman sekarang seorang pemilik akun digital akan disarankan untuk menggunakan kata sandi yang aman dan tidak mudah ditebak. Selain itu penggunaan sandi yang berbeda untuk setiap akun jadi saran umum yang bisa dilakukan siapa saja. 

Selain dua metode tersebut, pemilik akun juga disarankan untuk mengaktifkan two-factor authentication (2FA) melalui OTP yang terkirim lewat email maupun sms, untuk membantu menambah lapis keamanan ekstra di setiap akun yang dikelola. 

Sekilas pandang metode tersebut memang relatif membantu, namun sedikit merepotkan karena prosesnya yang panjang. 

“Pada dasarnya metode otentikasi yang sering kita pakai hari ini agak sedikit merepotkan. Nah, Yubikey hadir untuk meminimalkan kerepotan-kerepotan seperti itu. Dengan memakai satu perangkat seperti Yubikey, pengguna tidak perlu mengingat-ingat password lagi. 

Selain itu pemilik akun juga tidak perlu menunggu untuk menerima autentifikasi lewat OTP, baik lewat email maupun sms, yang mungkin membutuhkan waktu agak lama,” kata pengamat IT dan CEO Thrive, Eddy Yansen. 

Pengguna cukup memasang Yubikey di laptop dan menyentuh sensor perangkat untuk mengakses akun digital. Kalau memakai smartphone, pengguna bisa mengaktifkan security key menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.  

Membuat Akun Susah Diretas

Andaikan akun pengguna diretas. Kata sandi pengguna berhasil ditebak, dan pelaku berhasil menanamkan malware di perangkat smartphone atau laptop guna menyadap kode OTP, Yubikey bisa jadi solusi yang menambal kelemahan metode 2FA tersebut. Keuntungannya, akun pengguna jadi susah diretas.

Praktis Dibawa kemana Saja

Kelebihan terakhir dari Yubikey ada pada bentuknya yang kecil, mirip dengan perangkat USB yang mudah dibawa kemana saja. Yubikey 5 pun dilengkapi dengan fitur NFC yang membantu pengguna menghubungkannya dengan smartphone. 

Dengan tiga kelebihan yang diusung Yubikey, mengamankan aset digital jadi lebih mudah, praktis dan efisien. Pengguna tidak perlu lagi mengingat-ingat kata sandi, aman dari tindakan peretasan dari jarak jauh, serta tidak perlu lagi merasa ribet dengan otentikasi 2 faktor.

“Zaman sekarang sebagian besar orang cenderung menyukai hal-hal yang mudah dipakai dan ringkas. Dari segi kemampuan memenuhi kebutuhan akan pengamanan akun digital, menurut saya Yubikey mampu memenuhi kedua hal itu,” pungkas Eddy.

Dapatkan Konsultasi Gratis

Diskusikan sekarang juga kebutuhan IT perusahaan anda dengan customer support kami di
+62 822 9998 8870